Sabtu, 15 Februari 2020

Cegah Banjir dan Longsor, Pangdam V/Brawijaya Instruksikan Tanam Rumput Vertiver

 


Sebanyak 50 ribu rumput jenis vetiver disebar di Ranupani, Semeru, Kabupaten Lumajang, Sabtu (15/2). Penanaman rumput sebagai konservasi alam ini dilakukan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Pangdam V/Brawijaya, Mayjen TNI R Wisnoe Prasetja Boedi beserta instansi lainnya.

Mayjen TNI Wisnoe Prasetja Boedi mengatakan, manfaat rumput vetiver ini sangat banyak. Untuk itu pihaknya mengaku akan mengintruksikan Korem maupun Kodim jajaran untuk menanam rumput vetiver. Khususnya di wilayah Korem dan Kodim jajaran Kodam V/Brawijaya.
Menurutnya Rumput vetiver atau akar rumput wangi ini mempunyai banyak manfaat. Diantaranya dapat memperbaiki kualitas tanah dan air sehingga dapat mencegah tanah longsor, banjir dan erosi.

Rumput vetiver juga merupakan jenis rumput terpopuler untuk penguatan tebing atau lereng yang berpotensi erosi. Dengan metode alami, kemampuan akar yang kuat di dalam tanah membuat jaring. Serta menguatkan satu sama lainnya, sehimgga menjadikan tanah lereng kuat dan kokoh secara alami.

Rumput ini bisa juga ditanam di tanggul sungai. Karena sifatnya untuk mengikat tanah dan meminimalisir dampak bencana longsor.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menambahkan, penanaman rumput vetiver ini merupakan instruksi langsung dari Presiden RI, Joko Widodo. Vetiver, sambung Khofifah, boleh saja ditanam di lahan konservasi. Bahkan, pihaknya pun menargetkan jika nantinya lokasi tersebut, akan ditanam ratusan rumput vetiver.

Kontak Kami


Alamat

Kodam V/Brawijaya
Jl. Raden Wijaya No. 1, Surabaya
Jawa Timur - Indonesia
031-567-5412
031-567-5412