Senin, 02 Desember 2019

Kodim 0807/Tulunggagung Gandeng BNN cegah peredaran Narkoba dilingkungan TNI


Untuk mencegah personilnya terpengaruh Narkoba, Kodim 0807/Tulungagung bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) memberikan penyuluhan tentang bahaya Narkoba di Aula Pandu Sakti, Senin (2/12/2019).

Pasintel Kodim 0807/Tulungagung Kapten Inf Usman selaku perwakilan dari Dandim mengatakan jika penyuluhan ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiap satu triwulan sekali.

Tujuannya tak lain untuk mencegah masuknya peredaran Narkoba yang semakin marak ke lingkungan keluarga besar Kodim 0807/Tulungagung.

Hal senada juga disampaikan oleh Seksi Pencegahan BNN Suroso, S.Sos, MM. yang mengatakan penyuluhan ini adalah bentuk sinergitas TNI dan BNN Tulungagung.

Dalam pemaparannya, Suroso menjelaskan berbagai bentuk Narkoba dan perkembangannya dari tahun ke tahun. Begitu juga dengan jenisnya yang terus mengalami evolusi seiring bertambahnya pengguna Narkoba.

Dijelaskan dalam pemaparannya  Ganja sekarang dapat disintetiskan (Digabung) penggunaannya dengan Sabu, baik itu bentuk cair maupun serbuk. begitu juga dengan Narkoba jenis lain yang dapat dicampur dengan makanan ataupun minuman yang tujuannya untuk pengelabuan.

Tidak hanya itu, dijelaskan juga jika saat ini ada Narkoba jenis baru yang beredar dipasaran yakni Tembakau Gorila. Jika dilihat sepintas bentuknya mirip tembakau biasa padahal sudah ditambah Narkotik jenis ganja yang sudah disentitas.

Ia pun kembali menjelaskan jika saat ini sindikat Narkoba ibarat fenomena gunung es yang hanya nampak sedikit dipermukaan tapi penyebarannya sangat banyak dibawah dan mengkhawatirkan karena tak terlihat.

Suroso juga menambahkan dalam penanggulangan peredaran Narkoba ditengah masyarakat pihaknya tidak hanya mengandalkan pencegahan dan pemberantasan saja melainkan juga rehabilitasi agar mereka yang sudah kecanduan dapat kembali disembuhkan.

Kontak Kami


Alamat

Kodam V/Brawijaya
Jl. Raden Wijaya No. 1, Surabaya
Jawa Timur - Indonesia
031-567-5412
031-567-5412